Review Nokia N8

Posted: 6 Maret 2011 in Teknologi
Tag:, ,

Reputasi Nokia sebagai pemimpin di pangsa pasar Smartphone berada dalam tekanan selama beberapa tahun belakangan ini dengan hadirnya produk-produk keluaran Blackberry dan iPhone.

Untuk memperbaikinya, baru-baru ini pihak Nokia meluncurkan produk baru dengan nama Nokia N8, yang menggunakan OS terbaru mereka dan teknologi-teknologi terkini didalamnya.

Peluncurannya yang sempat tertunda disebabkan karena Nokia ingin memastikan bahwa hasil akhir produk yang diluncurkan benar-benar sesuai dengan harapan pengguna setia Nokia. Tapi apakah produk ini benar-benar sesuai harapan & sebanding dengan waktu penantiannya yang cukup lama? Cekidot dulu gan review berikut ini.

Nokia N8 direlease dengan 5 pilihan warna yaitu = blue, black, silver, green & orange ; dan memiliki spesifikasi dasar sebagai berikut =

Dimensi
Ukuran: 113,5 x 59 x 12,9 mm
Berat (dengan baterai): 135 gram

Tampilan dan antarmuka pengguna
Ukuran layar: 3,5″
Resolusi : 16:9 nHD(640X360 pixels) AMOLED dengan 16,7 juta warna
Layar Sentuh dengan dukungan akselerometer
Fitur Kompas (Magnetometer)
Dukungan Nada dering: mp3, AAC, eAAC, eAAC+, WMA, AMR-NB, AMR-WB

Jaringan data
GPRS/EDGE kelas B, multislot kelas 33
HSDPA Cat9, kecepatan maksimal hingga 10,2 Mbps, HSUPA Cat5 2,0 Mbps
WLAN IEEE802.11 b/g/n
Dukungan TCP/IP
Dapat dipergunakan sebagai data modem
Mendukung sinkronisasi kontak, kalender dan catatan dari MS Outlook

Daya Tahan Baterai
Baterai Li-Ion BL-4D 1.200 mAh
Waktu bicara (maksimal) : GSM 720 mnt ; WCDMA 350 mnt
Waktu siaga (maksimal) : GSM 390 jam ; WCDMA 400 jam
Waktu putar video (H.264 720p, 30 fps, maksimal) : 360 mnt
Waktu perekaman video (H.264 720p, 25 fps, maksimal) : 200 mnt
Waktu panggilan video (maksimal) : 160 mnt
Memori internal : 16 GB, pemutaran musik (modus offline, maksimal) : 50 jam

Konektivitas
Bluetooth 3.0
HDMI
USB 2.0 (konektor micro USB)
Konektor AV 3,5 mm
FM Radio
Pemancar FM

Frekuensi pengoperasian
GSM/EDGE 850/900/1800/1900
WCDMA 850/900/1700/1900/2100
Beralih otomatis antar band WCDMA & GSM
Modus penerbangan

Platform perangkat lunak & antarmuka pengguna
Symbian ^3 untuk Nokia
Java MIDP 2.1
Qt 4.6.2, Web Runtime 7.2
HTML 4.1
Pembaruan perangkat lunak Lewat Gelombang Radio (FOTA) & Lewat Internet (FOTI)
Flash Lite 4.0
OMA DM 1.2, OMA Client provisioning 1.1

Kamera
Kamera 12 megapixel dengan lensa Carl Zeiss
Perbesaran 1/1.83“ format sensor gambar pada optik
Jendela bidik 16:9 selayar penuh dengan parameter layar sentuh yang mudah digunakan
Lampu kilat Xenon dengan fitur penghapusan red-eye otomatis
Perangkat lunak untuk pengenalan wajah

Autofokus
Panjang fokus : 5,9 mm (setara dengan 28mm sampai 35mm format film)
Angka F/Aperture: F2.8
Format file foto : JPEG/EXIF
Perbesaran hingga 2x (digital) untuk gambar
Perbesaran hingga 3x (digital) untuk video
Kamera kedua untuk panggilan video (VGA, 640 x 480 piksel)

Fitur settingan favorit
Menggunakan kontrol kamera manual untuk mengatur keseimbangan warna putih, mode pemandangan, kompensasi eksposure, nuansa warna, jendela bidik dengan grid, tingkat ketajaman, kontras, kontrol lampu kilat, sensitifitas cahaya(ISO), waktu hitung mundur & pengenalan wajah.

Memori internal: 16 GB
Slot kartu memori microSD yang dapat ditukar selagi dipakai, hingga 32GB
Konektivitas microUSB ke PC berkecepatan tinggi

Kamera video
12 megapiksel dengan lensa Carl Zeiss
Resolusi 720p berkualitas HD
Rekam video 16:9 dalam HD
Perbesaran 3x (digital)
Rekaman video dalam 720p 25fps dengan kodek H.264, MPEG-4
Rekaman audio stereo dalam video (AAC 128kbps, 48 kHz sampling) ditambah algoritma baru untuk mengurangi kebisingan angin dan tingkat pengendalian rekaman dalam lingkungan yang ramai.
Pengaturan untuk cahaya rendah (mengurangi frame rate), pencahayaan video, keseimbangan warna putih, nuansa warna
Kamera kedua VGA untuk panggilan video
Anda dapat merekam video high-definition dengan Nokia N8. Jika anda merekam video dan menyimpannya ke dalam kartu memori untuk kinerja yang paling baik, kelas microSD yang direkomendasikan adalah 4(32Mbit/s (4mb/s)) atau lebih tinggi.

Fitur musik
Flick scroll untuk memilih album di musik koleksi Anda
Layanan Comes With Music pada market terpilih
Nokia Music Player
Ovi Music store
Codec Audio : .MP3, WMA, AAC, eAAC, eAAC+, AMR-NB, AMR-WB
Laju bit hingga 320 kbps
DRM mendukung WM DRM, OMA DRM 2.0
Pemancar FM

Radio
Stereo FM radio (87.5-108 MHz/76-90 MHz)

Software yang dipergunakan sebagai basis dari Nokia N8 adalah Nokia 5800 XpressMusic & Nokia X6 dengan perubahan besar di penambahan multiple homescreen, widget dan tampilan user interface. Dari segi bahan, penggunaan case full metal dengan cat anti gores yang di anodised membuat kesan high endnya sangat terasa.
Untuk ukurannya, karena smart phone ini di built in dengan kamera 12MP dan Xenon Flash maka dari segi ketebalan, perangkat ini bukanlah sebuah perangkat yang super slim seperti iPhone atau Samsung Galaxy S.

Nokia N8 juga tidak memiliki baterai yang bisa kita keluarkan dengan mudah seperti mobile phone pada umumnya. Casing full metalnya benar-benar menutupi rapat seluruh bodynya sehingga apabila kita tidak memiliki obeng khusus, kita tidak akan bisa mengakses tempat baterainya dengan mudah. Tempat slot kartu microSD & SIM Card nya sendiri terletak di sisi kiri Nokia N8. Untuk sisi bagian kanan terdapat tombol kamera dan tombol pengaturan volume. Tombol-tombol yang paling banyak diakses oleh user, diletakkan oleh Nokia di bagian atas. Disini terdapat port untuk mini HD, jack headphone 3.5mm dan tombol power. Sedangkan dibagian bawah terletak port untuk charger.
Secara keseluruhan, desain, ukuran dan peletakan tombol-tombolnya, membuat smart phone ini nyaman untuk digenggam dan kita dapat mengakses seluruh fungsinya dengan mudah menggunakan satu tangan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Nokia N8 menggunakan OS terbaru, yaitu : Symbian^3. Sistem baru ini dibuat dengan tujuan membuat mobile phone berfitur touch screen keluaran Nokia dapat bersaing dengan produk keluaran Apple maupun Google.

Pertama-tama dari sistem tampilan utama yang baru (home screen). Kita hanya dapat memilih tiga jenis tampilan, dan kita hanya dapat mengisinya dengan widget-widget yang berukuran sama. Sepertinya alasan untuk hal ini adalah agar tampilan widgetnya dalam mode landscape dan portrait tetap terlihat rapi dan bagus. Sayang sekali tampilannya terlalu simple dan terkesan hanya sekedar fungsional tanpa diberikan tampilan yang lebih menarik, misalnya dari segi wallpaper & pilihan mengganti 9 jenis home screen seperti di OS Android.

Untungnya processor 680MHz ARM 11 nya sangat mencukupi dan membuat smart phone ini dapat bekerja dengan sangat baik tanpa adanya jeda, lag ataupun crash, meskipun ukuran processornya tidak terkesan istimewa. Multi tasking juga dapat dilakukan pada Nokia N8 dan dapat diakses dengan cara khas Nokia, yaitu menahan agak lama tombol menu utama.

Salah satu fitur yang cukup keren adalah dengan menekan icon baterai, maka sistem akan menampilkan Wi-FI network yang tersedia, koneksi USB dan fungsi alarm. Sayang sekali widget yang sudah kita pilih tidak bisa di transfer antara home screen yang satu dengan yang lainnya, sehingga apabila kita ingin meng-customize ketiga home screen yang tersedia maka kita akan menghabiskan cukup banyak waktu untuk mendelete dan menambahkan widget-widget yang ada.

Untuk panggilan telepon sendiri suara yang dihasilkan jernih dan baik sehingga penerima maupun kita sebagai pendengar dapat melakukan panggilan tanpa kendala. Video calling juga berfungsi baik, terutama apabila kita menggunakan koneksi Wi-Fi.

Social Networking

Opsi yang tersedia di smart phone ini untuk social networking sebagai bawaan hanyalah Twitter dan Facebook. Sebenarnya hal ini tidak terlalu menjadi kendala, karena memang kedua aplikasi itu adalah yang paling sering di pergunakan orang saat ini. Sayang sekali pengaksesannya cukup rumit dan merepotkan karena kita harus melakukan sign in pada Ovi account Nokia untuk menggunakannya…. Tidak adanya opsi untuk memposting foto yang kita ambil langsung dari kamera N8 ke Facebook atau Twitter juga membuat sharing foto terasa kurang praktis.

Music

Music Player yang dipergunakan pada Nokia N8 adalah music player bawaan Nokia yang tidak mengalami upgrade besar-besaran untuk jangka waktu lama, namun karena pendengar musik biasanya hanya mementingkan dapat memainkan file musik tanpa kendala dan mudah pengaksesannya maka hal tersebut tidak menjadi masalah berarti.
Icon-icon pada halaman music playernya terlihat besar, jelas dan user friendly. Disini tersedia juga pilihan untuk melihat informasi lebih detail mengenai musik yang dimainkan dan album artnya. Kualitas suara yang dihasilkan N8 secara garis besar cukup baik, tapi belum mampu menyaingi kualitas suara yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy S.
Nilai positif lain pada Nokia N8 adalah tersedianya FM transmitter yang sangat jarang disertakan pada mobile phone lainnya meskipun cukup berguna.
Video

Hampir semua file video dapat berjalan dengan baik di Nokia N8, tapi kualitas terbaik sepertinya berasal dari file WMV yang menghasilkan performa audio yang sempurna. Kualitas gambarnya sendiri cukup baik dengan layar OLED nya memberikan contrast ratio yang cukup.
Sesuai dengan klaimnya, smart phone ini benar-benar mampu menghasilkan suara full Dolby 5.1 surround (cukup mengagumkan untuk ukuran sebuah handset).

Koneksi

Fitur berguna lain pada Nokia N8 adalah kemampuannya untuk terkoneksi dan mengakses eksternal harddisk secara langsung melalui slot USB, meskipun pertukaran filenya cukup lambat untuk file berukuran besar.
Selain itu pilihan berbagai konektivitas high end nya seperti : Bluetooth 3.0 dengan A2DP, Wi-Fi up to 802.11n, assisted GPS, 10.2Mbps HSDPA & mini HDMI port sangat menarik dan bisa dibilang dapat memenuhi semua keinginan user.
Konektivitas mobile phone Nokia dengan PC yang sering bermasalah sebelumnya juga telah diperbaiki di Nokia N8, apalagi apabila kita adalah pengguna Windows 7. Saat ini hanya dengan mencolokkan kabel dari PC ke N8, smart phone ini akan langsung dikenali dengan mudah dan berbagai opsi yang bisa dilakukan langsung muncul tanpa harus menjalankan program aplikasi apapun.

Hal plus lainnya adalah penggunaan smartphone ini sebagai modem. Kita tetap harus melalui Ovi Suite, tetapi setelah terhubung ke Ovi maka cukup pilih ‘Connect to Internet’ di tools menu & modem langsung dapat difungsikan.

Kelebihan =
1. OS Symbian ^3 sangat menarik dengan adanya fitur keren yang memungkinkan pengguna untuk mengcustom home screennya
sesuai keinginan.
2. Touchscreennya sangat responsif.
3. Fitur Ovi Maps dan Music Playback berjalan dengan baik.
4. Kamera 12 Megapixelnya saat ini merupakan yang terbaik di pasaran untuk ukuran sebuah mobile phone.
5. Adanya fitur HD Voice yang menyingkirkan background noise yang tidak diinginkan pada waktu menerima/melakukan panggilan telpon sangat berguna.
6. Layar AMOLED nya memberikan ketajaman warna dan gambar yang sempurna. Tampilan layar dapat dilihat tanpa masalah sama sekali meskipun layar terpapar sinar matahari langsung.
7. Dapat menampung sampai dengan 48 GB.
8. Loud Speaker terdengar jelas & jernih.
9. Signal GPS, Wireless LAN dan GSM nya sangat baik dibandingkan mobile phone lain yang tersedia di pasaran saat ini.
10. Dapat digunakan sebagai USB Master.

Kekurangan =
1. Daya tahan baterai nya agak lemah sebagai sebuah smartphone. Informasi daya tahan baterai yang diberikan oleh Nokia tidak sesuai kenyataan, karena pada penggunaan aplikasi-aplikasi berat yang banyak menyedot baterai secara terus menerus, smartphone ini hanya dapat bertahan menyala sekitar 14-18 jam.
2. Ukuran resolusi layar nya yang 640×360 pixel terasa kurang besar untuk sebuah smartphone.
3. Sampai saat ini belum tersedia pilihan keyboard qwerty dengan mode portrait (kecuali apabila Nokia melakukan software update untuk memperbaikinya).
4. Ovi software tidak mendukung Mac (saat ini hanya pengguna Windows yang bisa melakukan sync dengan smartphone Nokia N8).
5. Web browser bawaannya bekerja kurang maksimal, sehingga lebih baik apabila menggunakan browser Opera Mini 5 beta untuk melakukan browsing.

Harga = Kisaran Rp 4.800.000,-

Paket Penjualan Standar =
1 unit Nokia N8
Nokia Battery BL-4D
Nokia Connectivity Cable CA-179
Nokia Stereo Headset WH-701
Nokia Compact Travel Charger AC-15
Nokia Adapter Cable for HDMI CA-156
Nokia Adapter Cable for USB OTG CA-157
Nokia Stylus SU-36 (untuk negara tertentu)
Buku Panduan

Kelengkapan

Sumber : Kaskus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s